Sabtu, 07 Juli 2012

Pentingnya Niat

Niat itu sangat penting..

Ketika beberapa orang melakukan suatu amal ibadah, walaupun gerakannya sama, lamanya sama, waktunya sama, tetapi tetap dihadapan Allah berbeda... Kenapa??

Kadar niatlah yang menentukan!

"Beberapa amal itu kelihatannya amal akhirat, tetapi menjadi amal dunia karena jeleknya niat. Beberapa amal itu juga amal dunia, tetapi jadi amal akhirat karena bagusnya niat."

Contoh:
Amal Akhirat jadi amal dunia..
Sholat adalah amal akhirat. Sholat adalah ibadah yang paling utama. Barangsiapa melaksanakannya, ia akan mendapatkan pahala. Namun Sholat menjadi tidak berarti apa-apa kalo niatnya salah, atau karena tidak karena Allah. Contohnya nii ada seorang pemuda Shalatnya di bagus-bagusin soalnya ada pacarnya yang ngeliat.. nah itu lah amal akhhirat yg mnjadi amal dunia. jadi gak berarti apa-apa dihadapan Allah SWT. Dan banyak lagi contoh yang lainnya..
Amal dunia jadi amal akhirat..
Makan itu amal dunia.. tetapi jika seseorang makan dengan diniati karena Allah, makan supaya dia kuat untuk beribadah kepada Allah, maka makan pun menjadi bernilai ibadah dihadapan Allah...
Tidur juga.. Kalo tidur diniati istirahat karena Allah, supaya besok pagi tidak telat melaksanakan Shalat Subuh atau Tahajjud misalnya, maka tidurnya pun akan dihitung sebagai suatu amal akhirat yang bernilai ibadah dihadapan Allah...

Innamal A'maalu binniaat......

Jadi apapun yang kita lakukan.. Mari kita benarkan niat kita. Ketika kita hendak nuntut ilmu, niatkanlah berjuang di jalan Allah, untuk menghilangkan kebodohan, dan sebagainya. Ketika kita hendak ikut pengajian. Niatkan juga karena Allah. Jangan karena yang lain.. Dengan begitu Insya Allah setiap langkah kita di dunia akan dihitung sebagai suatu ibadah terhadap Allah SWT dan kelak akan mendapatkan Surga-Nya.. Amiin.
Wallahua'lam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar