Jumat, 29 Juni 2012

BOYONG?

Boyong.. boyong.. sebuah istilah yang sering terdengar di pondok pesantren. Khususnya di Jawa Tengah atau timur. Kalo di Jawa Barat kayaknya gak pernah denger deh istilah itu..
Kalo menurut Prof. Dr. Asep Muhammad Saepurrohman (hehe.. amiin) itu berarti seorang santri yang keluar dari pondok pesantren, dan gak akan kembali menuntut ilmu disana.

Boyong ada dua. Ada santri yang boyong memang karena sudah tmat, aliyas sudah menyelesaikan pendidikan pesantrennya, ada juga yang memang tidak betah, atau karena ada hal lain sehingga dia keluar sebelum menyelesaikan pendidikan di pesantren tersebut.

Nah, kalo kayak gue ini, (cielahh,, gue bahasanyee,,,). Gue udah nyelesain satu jenjang pendidikan yakni di Madrasah Aliyah selama tiga tahun. Kemaren udah di wisuda. Terus... boyong deh... boyong????????  hiks.. hiks... (kok nangis?)

Dulu waktu aku pertama mondok (yahh skrang aku lagi bhasanya,,), pas waktu liburan datang (d.pondokku liburnya klo gk romadhon ea libur smester) aku pasti seneeeng banget. apa lagi kalo liburnya lama. Jadinya kan aku bisa pulang. Aku bisa kembali nginjak kampung halaman. Kumpul bersama keluarga tersayang.

Tapi sekarang....... beraaat sekali rasanya. Kenapa? ea mungkin karena aku gak akan kembali lagi kesini (pondok tebuireng maksudnya). Berat sekali rasanya untuk pulang. Meninggalkan semuanya yang telah menemaniku selama tiga tahun di perantauan. Kini ku harus pergi pulang. Dari Jombang, kembali ke kota Garut..

Banyak sudah pengalaman yang kudapatkan di Pondok Pesantren ini. Aku mendapatkan teman" yang hebat". Guru'nya juga gak usah diraguin lagi... Top banget deh. Sekarang aku sudah berubah. Tidak seperti dlu, Aku bisa jadi lebih dewasa. Lebih mengerti tentang perjuangan, lebih mengerti tentang arti persahabatan dan kebersamaan, lebih mengerti karakter tiap-tiap orang. Aku mendapatkan itu semua di Pesantren!

Kini ku melangkah pulang. Apakah aku boyong.. hemmm.. kayaknya kurang enak kalau disebut boyong. Aku hanya.... Pindah tempat belajarnya...

TERUS MENUNTUT ILMU SAMPAI KAPANPUN !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar